Selasa, 21 November 2017

Kurangi Stres Sekarang Juga!



        Stres? Stres itu apa, sih? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), stres adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar; ketegangan. 


        Menurut Budi Anna Keliat SKP dalam buku Penatalaksanaan Stres, pengalaman stres dapat berasal dari 3 sumber, yaitu sebagai berikut.
1.      Lingkungan. Lingkungan mengirim stimulan secara terus-menerus selama manusia hidup yang memerlukan penyesuaian seperti cuaca, kemacetan lalu lintas, tuntutan penampilan, peraturaan kerja yang ketat, dan sebagainya.
2.      Diri dan tubuh. Stres merupakan kondisi fisiologis tubuh, misalnya pertumbuhan yang cepat pada remaja, menopause pada wanita, proses menua, nutrisi yang buruk, dan sebagainya.
3.      Pikiran. Otak mengartikan dan menerjemahkan perubahan yang kompleks pada lingkungan dan tubuh, lalu menetapkan respons. Cara mengartikan dan mempersepsikan pengalaman saat ini dan memperkirakan apa yang terjadi pada masa yang akan datang dapat menimbulkan rasa aman dan stres.

        Berbagai penelitian menyebutkan stres sangat berkaitan erat dengan apa yang disebut katekolamin. Ini merupakan hormon stres yang diproduksi oleh kelenjar adrenalin ketika seseorang sedang mengalami stres. Hormon katekolamin adalah hal biasa terjadi pada fisiologi manusia. Akan tetapi, bila hormon ini terlalu berlebihan  maka akan berisiko terhadap penyakit jantung. Peningkatan hormon stres akan meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Bagi penderita penyakit jantung, stres yang berlebihan dalam keadaan tertentu dapat mengundang reaksi serangan jantung atau sroke.
        
        Lalu, gimana, sih, cara mengatasi stres? Nah, berikut beberapa cara untuk mengatasi stres.
·         Lakukan rileksasi tubuh dengan melakukan pemijatan karena memnag bagus untuk menormalkan tekanan darah.
·         Lakukanlah olahraga secara rutin. Dengan olahraga otot-otot akan mempercepat suplai darah dan membuka paru-paru untuk mengikat lebih banyak oksigen.
·         Salurkan hobi. Melakukan aktivitas yang disenangi dapat mengurangi beban pikiran yang memicu stres.
·         Perbanyaklah minum air putih.
·         Lakukan meditasi.
·         Berteriak sekuatnya. Ketika stres, biasanya penderita merasakan ada sesuatu yang mengganjal di hati. Lepaskan saja perasaan tidak enak itu dengan berteriak.
·         Menonton film komedi. Diyakini bahwa dengan tertawa atau bercanda dapat menurunkan tingkat stres walaupun untuk sementara.
·         Cara aman menghindari stres adalah dengan menjalankan hidup lebih santai, hindari pekerjaan yang membuat sibuk berlebihan serta senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan.

        Jangan stres-stres, ya, guys. Karena banyak hal yang bisa membuat kita bahagia asal kita bersyukur dengan apa yang sudah Allah beri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepuluh Menit di November 2017 Bagian 6

        'Tumben Eka jelas ngomongnya. Biasanya setengah-setengah.' Entah mengapa kalimat ini membuatku ingat pada seseorang y...